Tuesday 23 June 2015

Hidup Sebagai Mahasiswa Kedokteran

Assalamu'alaikum... ^^

ini dia nih, artikel yang cocok buat kamu yang lagi galau banget mau nentuin masuk FK atau tidak, atau buat yang baru masuk FK dan mau tahu lebih soal kehidupan mahasiswa FK tu kayak gimana sih? (ehm, ini kata-katanya ngga sesuai EYD. Gapapalaaah, kan?  :D)

kenalin dulu nih guys..
nama saya halimah, pendidikan dokter Universitas Andalas (Unand) 2014
disini, angkatan saya sudah memasuki kurikulum baru. biasanya sih, di FK kurikulum berganti setiap sekali lima tahun. kami menerapkan prinsip PBL (Problem Based Learning). nah, apa tuh PBL?

PBL, sesuai namanya adalah cara belajar dimana kita distimulasi untuk belajar dari setiap permasalahan yang kita temui. nah, biasanya kita sih ga cari-cari masalah yaa? kita kan cinta damai (eeeaaa), yang ada masalah itu datang ke kita melalui sebuah skenario yang dibuat oleh bagian akademik. sistem belajar kami menggunakan sistem blok. maksudnya, kami diberi topik pembelajaran tertentu yang harus diselesaikan selama enam minggu (itu sih kalau di Unand, universitas lain bisa jadi beda) dan di minggu ketujuhnya dilakukan ujian tertulis selama dua hari. satu hari masing-masing seratus soal (waaaahhh :O). Jadi, kami ga menggunakan sistem ujian per semester seperti fakultas-fakultas lain.
sekarang, pertanyaannya adalah skenarionya apa siiiih???
well, skenario yang dibuat oleh akademik itu berupa permasalahan sehari-hari yang sering ditemui oleh seorang dokter dari pasiennya. skenario dari akademik itu ada judulnya masing-masing sesuai topik pembelajaran kita. Masih bingung?well, aku contohin yaa..

misalnya, kamu udah jadi mahasiswa tahun pertama Pendok Unand nih,  biasanya blok pertama yang akan dipelajari adalah mengenai Profesionalisme Dokter. jadi, kamu akan mempelajari tentang bagaimana cara2 dokter bekerja, apa saja Undang-undang yang mengaturnya, bagaimana attitude kalian kalau bertemu pasien, dan banyak lainnya selama enam minggu melalui perkuliahan dengan Dosen-dosen. disamping kuliah, kalian juga akan dibagi dalam kelompok kecil yang dinamakan sebagai kelompok tutorial, biasanya berjumlah sepuluh orang perkelompok.
kelompok tutorial ini gunanya adalah sebagai sarana bagi kalian buat berdiskusi mengenai skenario yang kalian dapatkan setiap minggunya (skenario diberi setiap minggu). selain kalian membahas isi skenario tsb di kelompok kecil, yaitu kelompok tutorial, kalian juga akan membahas hasil yang kalian dapatkan dari diskusi kelompok kalian bersama-sama, satu angkatan di forum diskusi yang lebih besar, yaitu pleno yang diadakan satu kali seminggu. yang memimpin pleno biasanya Koordinator Blok. materi pleno ditampilkan oleh dua kelompok tutorial yang dipilih secara acak ataupun melalui lot (siap-siap buat keringat dingin, hehehee)
contoh skenario yang dibuat oleh Koor Blok kayak gini:

SKENARIO 1: DIMANAPUN BISA BELAJAR

Ani (18 tahun), mahasiswa tahun pertama di FK Universitas Andalas, menjenguk tantenya yang baru melahirkan anak perempuan di rumah sakit. tantenya melahirkan melalui sectio caesaria setelah didiagnosis memiliki PAP yang sempit dan kondisi bayi yang terletak sunsang. bayi tantenya lahir prematur dengan berat 1500 gram dan kulitnya tampak masih merah.
saat perawat membersihkan bayi tantenya, Ani melihat genitalia eksterna dari bayi tersebut seperti vulva, labia mayora, labia minora dan beberapa bagian lain yang baru ia pelajari dalam modul reproduksi...
bla bla bla...

bagaimana Anda membantu Ani untuk menjelaskan keadaan yang dialami oleh tantenya dan bayi yang dilahirkan tersebut?


nah, seperti itulah kira-kira gambaran skenario yang akan alian dapatkan guys... kece kan?
wajar saja, kalo kalian ngga paham dengan beberapa istilah kedokteran yang ada di skenario di atas karena skenario diberikan sebelum kalian diberi kuliah mengenai topik tersebut, misalnya topik reproduksi seperti skenario dia atas. oleh karena itu, kalian harusnya sudah mulai baca-baca buku dulu di rumah untuk memperluas wawasan dan pengetahuan mengenai reproduksi, sehingga ngga gelagapan lagi ketika ditanya mengenai definisi dari setiap kata-kata tersebut (kata-kata yang sulit juga termasuk bagian dari pembahasan skenario loh.. kalian harus mengidentifikasi setiap kata-kata sulit yang kalian temui)

lalu guys...
kalo kalian bingung bagaimana cara belajar PBL ini, kita udah punya jawaban seperti apa seharusnya kriteria belajar yang harus kalian ikuti. caranya adalah dengan mengikuti seven jump. apa itu seven jump?
 
nanti bakalan dibahas lagi yaah mengenai seven jump di artikel selanjutnya (InsyaAllah) karena sekarang udah jam 23.46 dan mimin belom ngerjain laporan tutorial niih,, wkwkwk.. nasiib nasiiib...
wassalam

30 comments:

  1. bagi mahasiswa kedokteran yg ingin mempublikasikan artikel2 kedokteran/kesehatan bisa di tampilkan di http://doktersiaga.com/blog

    ReplyDelete

  2. Kak, saya mau tanya, kan saya kepengen banget masuk kedokteran Unpad, tapi nilai rapot saya sepertinya kalo diakumulasikan dari semester awal sampai smt 3 skr tdk cukup untuk bisa bersaing jalur snmptn, apalagi ranking saya di angkatan ga sampai masuk 10 besar, jadi sekarang di kelas 11 semester 2 ini saya harusnya lebih fokus untuk mempersiapkan sbmptn (jalur tes) atau dikeduanya, yaitu berusaha ningkatin nilai rapot juga atau gimana ? Terimakasih Kak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ga usah cemas adek.
      yg masuk lewat jalur undangan biasanya rejeki2an. ga usah terlalu dikhwatirkan, siapa tahu kamu bisa dapat di fakultas yg kamu inginkan kalau mmg rejeki disana. jangan cemasin nilai, tapi meningkatkannya harus, pede apalagi. pede aja milih buat snmptn nanti. mujur2 dapat dek, hehe

      yg paling penting sih persiapan buat sbmptn. kudu, mesti, wajib ada. karena itu tadi, ga semua orang lulus snmptn. jadi, selain pede aja milih buat snmptn, kamu juga ga boleh bergantung ke snmptn aja. harus persiapkan kemungkinan buat ikut sbmptn karena di sbmptn lah arena juang sesungguhnya. pasti bakalan puas banget kalo bisa msuk FK lewat sbmptn.

      keep spirit dek!

      Delete
  3. Kenapa kuliah kedokteran tidak boleh memakai jeans celana maupun atasan dan wajib memakai rok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, busana yg dipakai di fk emang hrs standrt college uniform. Yaitu celana , rok bahan, kemeja , bersepatu tertutup. Apalagi kalo ada event mlh hrs pake kemeja putih

      Delete
    2. yoi, bener bgt katanya sdr dimas, itu adl salah satu alasannya.

      salah dua, tiga, dstny adalaaah:
      kita harus tahu manner.
      attitude dan penampilan harus dijaga dan disesuaikan sama lokasi serta eventnya.
      kalau kata dosen saya,lingkungan perkuliahan adlah tempat yg formal, sementara celana jeans bukan jenis pakaian formal. sementara celana jeans adalah pakaian kasual yg buat nyantai2. kalau ke kampus pake celana jeans kesannya ga sopan gitu. sama kayak ga sopannya pakai baju tidur ke kantor.

      terus,budaya.
      kita hidup di timur, yg menjunjung tinggi norma2 (terutama kesopanan) dan agama. bagi masyarakat kita, penggunaan jeans masih dianggap kurang sopan dan tdk mencerminkan budaya timur. sementara rok lebih dapat dan sgt diterima.

      selain itu, celana jeans enggak recommended buat dipakai (dr sudut pandang kesehatan, baik utk yg perempuan maupun laki2, silahkan cari sendiri artikelnya ya kalau alasan yg ini. kepanjangan entar balasannya, hehe

      Delete
  4. menarik pengalamannya, salam dari kami penyedia jasa translate jurnal kedokteran. Sila buka https://twitter.com/tramusi

    ReplyDelete
  5. kak jadi mahasiswa kedokteran itu wajib jago bahasa inggrisnya yah kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau bantu jawab.

      Kalo bisa emang harus bisa bahasa inggris. Soalnya banyak textbook atau jurnal kedokteran pake bahasa inggris. Ada sih, yg pake bhs Indonesia tapi udah gak up to date buat skrg, yang lebih up to date ya jurnal dan textbook berbahasa inggris. Istilah kedokteran juga banyak bhs inggris jd intinya bhs inggrisnya harus bisa, gak fluent gpp yg penting ngerti aja.

      Delete
  6. Mau bantu jawab.

    Kalo bisa emang harus bisa bahasa inggris. Soalnya banyak textbook atau jurnal kedokteran pake bahasa inggris. Ada sih, yg pake bhs Indonesia tapi udah gak up to date buat skrg, yang lebih up to date ya jurnal dan textbook berbahasa inggris. Istilah kedokteran juga banyak bhs inggris jd intinya bhs inggrisnya harus bisa, gak fluent gpp yg penting ngerti aja.

    ReplyDelete
  7. kak saya mau nanya kalau lulusan pesantren apa jalan yang harus di ambil agar bisa meneruskan ke kedokteran

    ReplyDelete
  8. endnote-crack-with-product-key
    could be your best, and the best device for dividers provides the origin for those students composing on particular topics. It is a tool that offers some kinds of papers to the solution. Some several men and women put it to use in such a.
    new crack

    ReplyDelete
  9. I have seen your writing skills. Your writing skills are very amazing. I also like your writing skills very much. I think you are a heavy and an old blogger.
    kmspico windows 10 torrent
    bluebeam revu product key
    pdq inventory download
    deskscapes product key
    airparrot torrent

    ReplyDelete
  10. I have seen your writing skills. Your writing skills are very amazing. I also like your writing skills very much.
    I think you are a heavy and an old blogger. Keep it up and keep sharing this type of posts with us.
    ntlite crack
    nordvpn crack
    reaconverter crack
    reason crack
    chrispc videotube downloader pro crack
    Crack Like

    ReplyDelete
  11. I like your all post. You have done really good work. Thank you for the information. Its a Very Great and Amazing Blog Dear. This is Very Great and Helpful.. I have seen your writing skills. Your writing skills are very amazing. I also like your writing skills very much. I think you are a heavy and an old blogger. Keep it up and keep sharing this type of posts with us.



    Corel Draw X7 Keygen
    Windows Movie Maker Crack

    ReplyDelete
  12. Thanks for the great message! I really enjoyed reading
    you could be a good writer. Evil Alvzis notes blog and testament
    will finally come back later. I want to support
    keep writing well, have a nice weekend!
    avg antivirus crack
    autocad crack
    ultraedit crack

    ReplyDelete
  13. It’s perfect time to make some plans for the long run and it is time to be happy. I have read this publish and if I may I wish to counsel you some interesting issues or tips.
    Maybe you could write next articles relating to this article.
    I wish to read even more issues approximately it!
    bandicam keymaker
    pdq deploy pro license key crack
    cyberghost serial key
    plagiarism checker x torrent
    avast internet security crack
    Crack Like

    ReplyDelete
  14. Your website is fantastic. The colors and theme are fantastic.
    Are you the one who created this website? Please respond as soon as possible because I'd like to start working on my project.
    I'm starting my blog and I'm curious as to where you got this from or what theme you're using.
    Thank you very much!
    xsplit broadcaster crack
    bitdefender anti ransomware crack
    virtual safe professional crack
    makemusic finale crack

    ReplyDelete
  15. It is your absolute best aide to get Spotify tunes, convert Spotify tracks to MP3, order Spotify library, and so forth On a note, it gives an incredible across the board answer for fulfill your necessities of saving and downloading Spotify sound for practically any contraption. Acme CAD Converter 8.10.0.1531 + Crack

    ReplyDelete
  16. This is an excellent article. This gives me the opportunity to broaden my knowledge. Take every chance you get in life since anything can happen at any time. So, please come to my page and take use of the useful information.https://crackdue.com/smartdraw-2021-crack-activation-keys-free-download-license-key/

    ReplyDelete
  17. camtasia studio crack download latest provides you an easy-to-understand interface. It helps you to record anything on your computer screen.

    protonvpn crack full license key


    vray crack full version

    winzip pro crack

    ReplyDelete
  18. I'm blown away by your post because it's very helpful to me and provides me with new information.https://hdlicense.net/zenmate-vpn-crack-torrent/

    ReplyDelete
  19. Hi, I Am Mari. Nice Content. This software is great and working fantastic, there are a lot of features. Visit and install this app for free. https://fullkeygens.com/muvizu-play-full-crack/

    ReplyDelete
  20. We put our authors through a series of exams to guarantee that they are completely satisfied with their work.https://crackguru.net/listary-pro-5-00-2843-crack/

    ReplyDelete
  21. I am very impressed with your post because this post is very beneficial for me and provide a new knowledge to me. this blog has detailed information, its much more to learn from your blog post.I would like to thank you for the effort you put into writing this page.
    I also hope that you will be able to check the same high-quality content later.Good work with the hard work you have done I appreciate your work thanks for sharing it. It Is very Wounder Full Post.This article is very helpful, I wondered about this amazing article.. This is very informative.
    “you are doing a great job, and give us up to dated information”.
    inpixio-photo-eraser-crack-2/
    gridinsoft-anti-malware-crack-2/
    tipard-video-converter-ultimate-crack-2/
    cerberus-ftp-server-enterprise-crack-2/
    abelssoft-ssd-fresh-crack/

    ReplyDelete